oleh

Buka STQ ke XXVI, Wabup Ajak Amalkan Al-Qur’an

LOMBOK TENGAH, MP – Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke XXVI tahun 2020 tingkat Kabupaten secara resmi dibuka Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng). Hadir dalam kegiatan pembukaan STQ tersebut Wakil Bupati Lombok Tengah, HL. Pathul Bahri, S.IP, Kepala OPD lingkup Kabupaten Loteng, ODP Loteng, dan jajaran Forkopimda. Kegiatan berlangsung di Bencingah Adiguna Alun-alun Tastura Praya, Rabu (08/07).

Usai mengukuhkan 7 Dewan Hakam STQ, Wakil Bupati Loteng, HL. Pathul Bahri menyampaikan sambutan.

Dalam sambutannya, Pathul berharap dewan juri menilai dengan seadil-adilnya. Sehingga siapapun yang nantinya keluar menjadi juara bisa diandalkan pada tingkat Provinsi dan Nasional.

“Kita berharap di tingkat Provinsi nanti perwakilan Loteng mampu keluar menjadi juara 1. Sehingga bisa lolos nantinya mewakili Provinsi pada tingkat Nasional,” katanya.

Ia mengungkapkan, sehebat-hebatnya orang adalah mereka yang mengamalkan Al-Qur’an. Semua proyek pembangunan termasuk Sirkuit MotoGP berkat Do’a para alim ulama dan Qori atau Hafidz di Kabupaten Loteng.

“Mari kita amalkan Al- Qur’an karena orang yang hebat adalah mereka yang mengamalkan Al Qur’an. Dengan do’a dari orang-orang yang senantiasa mengamalkan Al Qur’an diharapkan pembangunan di Loteng menjadi yang terbaikĀ  demi generasi selanjutnya,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia STQ, dalam hal ini Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), HM. Ridwan Makruf, S.Sos, mengatakan STQ tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya mengingat saat ini dunia diserang wabah Covid-19.

Pelaksanaan STQ akan diadakan di 4 lokasi yakni, di Bencingah Alun-alun Tastura, Masjid Agung Praya, SMPN 1 Praya, dan SMPN 2 Praya. “Kita akan bagi lokasi menjadi 4 dan setiap hari akan tampil 4 Kecamatan selama 4 hari. Hari Kelima langsung pengumuman,” jelasnya.

Disampaikan, STQ akan dilaksanakan dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Tujuannya, untuk menghindari kerumunan massa. Karena jika dilaksanakan pada malam hari maka penonton akan sulit dikendalikan.

“Kita akan laksanakan STQ ini dari jam 8 sampai jam 5 sore. Jam 8 sampai jam 12 untuk peserta anak-anak. Kemudian pada jam 1 sampai jam 5 sore untuk peserta dewasa.

Pihaknya menjelaskan pelaksanaan STQ tetap mengacu pada protokol kesehatan penanganan Covid-19 dengan memakai masker dan menjaga jarak.

“Mari kita sama-sama berikhtiar dengan memperhatikan protokol kesehatan penanganan Covid-19. Semoga dengan lantunan Al-Qur’an ini wabah ini segera berlalu,” harapnya.

Ia juga berharap, peserta STQ nantinya mampu bersaing pada tingkat provinsi bahkan nasional. Pasalnya, Loteng memiliki potensi yang sangat besar dalam hal Tilawatil Qur’an.

“Diselenggarakannya STQ ini agar peserta yang keluar jadi juara nantinya bisa ikut STQ tingkat Provinsi dan Nasional demi mengharumkan nama baik daerah Loteng,” tutupnya. (wan)

Kerjasama Bagian Humas dan Protokol Setda. Kabupaten Lombok Tengah dengan matapena.co.id

News Feed