oleh

Bupati; Masyarakat Lombok Tengah Sambut Hangat Kehadiran Taruna Latsitarda

LOMBOK TENGAH – Peserta Latsitarda XLII disambut dengan upaya adat. Bupati Lombok Tengah terima penyerahan 220 an Personil Latsitarda XLII Taruna dari Angkatan Udara, Darat dan Laut, AKPOL serta Praja IPDN yang akan melakukan kegiatan pengabdian sosial di Kabupaten Lombok Tengah dari Wakil Gubernur Akademi Angkatan Udara Marsma TNI Palito Sitorus. Penerimaan Taruna dilaksanakan di Pendopo Bupati Lombok Tengah Sabtu 14/5,2022.

Latihan Integrasi Taruna Wreda (LATSITARDA) merupakan momentum untuk membangun sinergitas dan menumbuhkan jiwa kejuangan, cinta tanah air serta semangat integritas para Taruna dan Praja.

Wakil Gubernur Akademi Angkatan Udara Marsma TNI Palito Sitorus mengatakan ratusan Taruna itu akan berbaur dengan masyarakat untuk melaksanakan kegiatan lapangan selama 1 bulan.

Selama di Desa, para Taruna dan Taruni Elang dari semua angkatan akan melakukan kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan fisik berupa pembangunan sarana ibadah, rumah tidak layak huni ataupun sarana olah raga serta sarana lainnya. Sementara untuk kegiatan non fisik berupa kegiatan penyuluhan hukum, wawasan kebangsaan dan lainnya. “Mereka nanti bersama sama dengan masyarakat setempat untuk bergotong royong membangun fasilitas yang dibutuhkan oleh masyarakat setempat” ujarnya.

Soal anggaran pembangunan, Palito mengatakan untuk anggaran kegiatan pembangunan fisik didanai dari sharing pemerintah daerah dan pihak TNI. Ini adalah bentuk sinergisitas antara pemerintah Kabupaten Lombok Tengah dengan Latsitarda ini. Kalaupun nanti ada yang dibutuhkan dari Peserta Latsitarda, pihaknya siap untuk membantu. “Ini kegiatan yang kita sinergikan dan kebetulan ini adalah Praktek kerja dari Taruna Taruni seluruh anggota, ditambah lagi dari AKPOL dan Praja IPDN” jelasnya.

Sementara itu Bupati Lombok Tengah H.L.Pathul Bahri menyambut baik kehadiran peserta Latsitarda ini. Untuk itu pihaknya sudah berkoordinasi dengan aparat pemerintah Kecamatan dan Desa agar menyiapkan tempat tinggal sementara dan kebutuhan kebutuhan pokok dari para peserta Latsitarda itu. “Di Desa kita sudah siapkan tempat bagi Taruna, masyarakat sangat welcome kepada peserta Latsitarda itu” ujarnya.

Diharapkan nanti masyarakat setempat diberikan edukasi oleh para peserta Latsitarda itu baik itu soal hukum atau apapun yang bermanfaat bagi masyarakat. Para Taruna dan Taruni ini adalah orang orang yang berpendidikan tentu akan bisa memberikan sosialisasi terhadap apa yang menjadi program kegiatannya.

Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah mengucapkan Selamat Datang kepada Taruna/Taruni AKMIL, AAU, AAL, AKPOL serta Praja IPDN di Kabupaten Lombok Tengah dalam rangka melaksanakan LATSITARDANUS XLII 14 Mei sampai dengan 11 Juni 2022.

Untuk diketahui,  Latsitardanus kali ini di laksanakan di 4 Kabupaten di Provinsi NTB yaitu Kabupaten Lombok Tengah, Lombok Barat, Lombok Utara, dan Lombok Timur.

Untuk Satlat III/Elang akan dilaksanakan di Kabupaten Lombok Tengah dengan rincian sebagai berikut :

Masatlat III/Elang berada di Aerotel Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kompi A berada di Desa Mertaktombok dan Desa Semayan, Kecamatan Praya. Kompi B berada di Desa Sengkol dan Desa Kawo, Kecamatan Pujut. Sedangkan Kompi C berada di Desa Mangkung, Kecamatan Praya Barat Daya. Kompi D berada di di Desa Lantan dan Desa Karang Sidemen Kecamatan Batu Kliang Utara.