HUT Korpri ke- 47, Wabup : Junjung Tinggi Panca Prasetya Korpri dan Teruslah Berbakti untuk Pertiwi


LOMBOK TENGAH, MP – Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun Korps Pegawai Republik Indonesia (HUT KORPRI) yang ke- 47 di halaman Kantor Bupati Loteng, Kamis (29/11) kemarin. Dalam hal ini Wakil Bupati Loteng , HL. Pathul Bahri, S.Ip memimpin langsung upacara tersebut dan dihadiri, Sekda Loteng, HM. Nursiah, S.Sos, M.Si, Wakapolres Loteng, Kompol Haris Dinzah, Kepala SKPM dan jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemkab Loteng.
Wakil Bupati Loteng, HL. Pathul Bahri selaku inspektur upacara saat membacakan sambutan Presiden RI, Joko Widodo selaku Penasehat Nasional Korpri mengatakan, selama 47 tahun, Korpri beserta jajaran ASN telah memberikan kontribusi besar terhadap masyarakat, bangsa dan negara. Selain itu juga, Korpri merupakan salah satu pengikat dalam memperkokoh persaudaraan dan persatuan nasional dalam keberagaman. “ASN telah menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan masyarakat dalam pembangunan nasional serta menjadi teladan dalam mengedepankan budi pekerti, etika dan profesionalisme,” katanya.
Untuk itu, atas nama seluruh rakyat Indonesia kami menyampaikan terima kasih yang sebesarnya atas apa yang telah menjadi capaian hingga hari ini dan tidak terlepas dari peran serta ASN di semua sektor pemerintahan dan semua wilayah di Indonesia serta perwakilan di luar negeri. “Apresiasi sebesar-besarnya untuk para ASN yang bertugas di daerah terpencil dan pulau terluar dengan penuh dedikasi dengan segala keterbatasan yang dihadapi,” ujarnya.
Oleh karena itu, pemerintah selalu memberikan prioritas untuk kesejahteraan ASN melalui peningkatan penghasilan serta dukungan jaminan kesehatan, perumahan dan pensiun. “Upaya untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat bangsa dan negara harus ditingkatkan dan dihadapkan pada perubahan sosial dan perekonomian yang pesat,” terangnya.
Untuk itu juga, ASN harus melakukan banyak penyesuaian untuk mengantisispasi perubahan zaman. Dimana revolusi industry telah membawa perubahan sosial, politik, ekonomi dan budaya di seluruh dunia. “Perkembangan tekhnologi informasi di bidang perkomputeran dan media sosial memang memfasilitasi kinerja birokrasi. Namun tekhnologi tersebut juga memfasilitasi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan menuntut pelayanan yang lebih baik,” katanya.
Dijelaskannya, pemanfaatan tehknologi oleh masyarakat dan dunia usaha untuk menyampaikan aspirasi tersebut akan menjadi beban bagi ASN jika tidak diikuti dengan perubahan kerja. ASN harus sungguh-sungguh dalam melayani masyarakat, meningkatkan kualitas kerja dan tata kelola pemerintahan serta menjaga akuntabilitas. “Mau tidak mau ASN harus melakukan inovasi, menyederhanakan proses kerja, memajukan ilmu pengetahuan tekhnologi dan berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait,” jelasnya.
Ia juga meminta kepada ASN untuk tidak terjebak dalam ego sektoral, ego organisasi dan ego programnya masing-masing karena semua permasalahan yang ada di masyarakat bersifat lintas sektoral bahkan lintas daerah. “Dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan tekhnologi saya yakin ASN bisa mengaktualisasikan baktinya lebih baik untuk masyarakat, bangsa dan negara,” tegasnya.
Lebih lanjut ia menjelaskan, dalam 4 tahun terakhir ini, pemerintah telah memprioritaskan pembangunan infrastruktur, membuka keterisolasian, membangun konektivitas, memperkokoh persatuan nasional, memperbaiki pelayanan masyarakat dan membangun sentra ekonomi baru. “Mulai tahun 2019 mendatang, pemerintah akan melakukan program besar-besaran untuk memperkuat SDM untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin berat,” ungkapnya.
Menurutnya, Kualitas SDM di pemerintahan dan swasta, SDM di semua sektor dan kualitas SDM di usia dini dan remaja harus ditingkatkan secara signifikan. Harus mampu menghadapi dan memanfaatkan peluang dari dunia tekhnologi yang sedang berkembang pesat.
Ia juga meminta seluruh jajajran ASN segera mempersiapkan diri untuk menjadi agen transformasi penguatan SDM dalam membangun talenta anak bangsa. “Saya yakin transformasi kualitas SDM ini bisa memberikan hasil yang positif bagi kemajuan bangsa dan negara. Junjung tinggi Panca Prasetya Korpri dan teruslah berbakti untuk ibu pertiwi,” pungkasnya. |slp