oleh

Pemkab Loteng Support LPTQ, Tahun ini Kirim Qori’ di Tingkat Nasional

PADANG – Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah sangat serius membina dan mencetak qori dan qoriah melalui Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ). Hasilnya tahun ini LPTQ Kabupaten Lombok Tengah berhasil meloloskan salah satu peserta yang menjadi rombongan Kafilah Provinsi NTB berlomba pada penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVIII tahun 2020.

MTQ Nasional yang dilaksanakan di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat ini, berlangsung sejak tanggal 12 sampai 21 November 2020. Dalam gelaran ini, provinsi NTB mengirim sebanyak 22 kafilah, dan satu di antaranya yakni Muhammad Alwi asal Dusun Bebie Balad, Desa Jago, Praya Lombok Tengah.

Muhammad Alwi mengikuti cabang lomba Tilawatil Quran tingkat remaja. Muhammad Alwi yang saat ini sedang menempuh kuliah semester III di UIN Mataram, telah mengikuti MTQ sejak kecil ketika dirinya masih duduk di bangku kelas 6 Sekolah Dasar. Sebelum dirinya bisa lolos ke tingkat nasional tahun ini, dirinya sebanyak 4 kali menjadi perwakilan Lombok Tengah di tingkat provinsi yakni Tilawatil Quran cabang anak-anak sebanyak dua kali dan cabang remaja dua kali.

Menurut Muhammad Alwi, keberhasilannya lolos ke tingkat nasional tidak lepas dari dukungan keluarga, dan pemerintah kabupaten Lombok Tengah yang memberikan perhatian dan pembinaan melalui LPTQ. Untuk bisa melangkah sejauh ini, pria berusia 20 tahun ini selalu berlatih setiap hari. “Dalam sehari minimal saya berlatih sebanyak 3 kali” ucapnya saat ditemui di lokasi lomba, Masjid Alhakim yang terletak di kawasan Pantai Padang.

Kepala Bagian Kesra Setda. Kabupaten Lombok Tengah, H. Ridwan Makruf didampingi H. L. Gde Boh, mengatakan bahwa pemerintah tidak main-main dalam mencetak qori’ dan qori’ah. Untuk tahun 2020 ini, Pemkab Loteng menganggarkan sebesar 3 miliar untuk LPTQ. Hanya saja karena pandemi Covid-19, jumlah tersebut ikut terpangkas. “Kita sangat serius membina dan mencetak qori dan qoriah melalui Lembaga LPTQ. Anggaran tiap tahunnya kita tambah agar pembinaan menjadi lebih maksimal” tutur H. Ridwan Makruf saat menghadiri MTQ Nasional Padang. (*)

News Feed