Pemkab Lombok Tengah Apresiasi Konsistensi Paguyuban Duta Lingkungan

LOMBOK TENGAH – Pemkab Lombok Tengah, apresiasi Paguyuban Duta Lingkungan NTB, bersama Persatuan Wartawan Lombok Tengah (PWLT) yang tetap konsisten dalam mengangkat isu pelestarian lingkungan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Lombok Tengah, HM.Suhaili.FT.SH melalui Penjabat Sekda Lombok Tengah, Drs. HL.Idham khalid, M.Pd pada sabtu 17/10/2020 dalam sambutanya saat membuka acara Temu Lingkungan yang merupakan rangkaian kegiatan Audisi Duta Lingkungan Hidup NTB 2020, yang digelar di Lantai 5 Ball Room Kantor Bupati Lombok Tengah.

Salah satu cara fenomenal yang dilakukan lanjut Sekda, dengan melakukan pencarian bakat duta lingkungan. Dimana acara yang dikemas dengan bentuk entertainment dan menarik semacam itu menurutnya, merupakan edukasi tentant lingkungan yang sangat mudah diterima oleh kalangan milenial, kelompok yang saat ini mendominasi ruang publik.

“Kelompok milenial yang mendominasi ruang publik kita ini, yang berpotensi besar untuk membawa perubahan di daerah kita. Maka tentu kami tidak ingin kegiatan semacam ini tidak hanya sekedar menjadi acara ceremonial semata,”kata Sekda.

Pemkab Lombok Tengah berharap, hasil pencarian bakat duta lingkungan tersebut bisa menjadi agen-agen lingkungan. Untuk itu pihaknya memberikan apresiasi atas konsistensi Paguyuban Duta Lingkangan Hidup NTB bersama PWLT yang terus memperjuangkan isu-isu lingkungan di Lombok Tengah dan NTB pada umumnya.

“Isu lingkungan hidup bukan hanya soal isu lokal saja, namun telah menjadi iso global. Kerusakan terjadi dimana-mana, bencana hampir setiap tahun terjadi, seolah alam mau berbicara kepada kita bahwa bencana alam yang terjadi, cara alam menegur manusia akibat sikap serakah yang akibatkan kerusakan parah,”paparnya.

Untuk itu, semua harus terus menerus membangun kesadaran secara kolektif bahwa tanggung jawab pelestarian lingkungan adalah tanggungjawab bersama.

Sementara itu, Ketua Panitia Audisi Duta Lingkungan Hidup NTB 2020, Baiq Wiranda Daneta dalam sambutanya pada acara tersebut menyampaikan, kegiatan tersebut telah dimulai sejak awal September 2020 lalu dan telah menjaring ratusan peserta dari berbagai sekolah dan kalangan di NTB.

Pelaksanaan Audisi Duta Lingkungan NTB 2020 ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena mengingat masa pandemi covid-19. Semua rangkaian kegiatan dilakukan sesuai protokol kesehatan covid-19.

“Setelah melakukan technical meeting, baru kemudian digelar acara temu lingkan yang terdiri dari penyampaian narasumber dari berbagai lembaga. Antara lain, dari Dinas Kehutanan NTB, Dirut PDAM Lombok Tengah dan pihak Bank Indonesia,”katanya.

Setelah temu lingkungan, barulah dilanjutkan dengan kegiatan penanaman pohon masal dilokasi yang telah ditentukan. Setelah itu barulah tour kesejumlah persuhaan seperti ke Itdc, Media dan perubahaan lainya.

“Setelah itu, barulah para finalis yang terdiri dari 31 orang akan di karantina selama beberapa hari dilokasi yang juga sudah ditentukan. Dan insyaAllah grand final akan dilakukan pada tanggal 7 November 2020 nanti di lantai Ball Room Kantor Bupati Lombok Tengah,”jelas gadis manis yang akrab disapa Baiq Danet ini.

Pada kesempatan tersebut, Danet menyampaikan ucapapan terimaksih atas bantuan semua pihak yang telah ikut mensukseskan kegiatan tersebut. Secara khusus disampaikan terimaksih kepada wartawan khususnya yang tergabung di PWLT yang telah membimbing panitia dalam melaksanakan kegiatan yang dilakukan dengan niat untuk menjaga bumi dari kerusakan tersebut.” Salam lestari,”ujar Danet menutup sambutanya.

Untuk diketahui, pada kegiatan tersebut juga dilakukan pengukuhan pengurus Paguyuban Duta Lingkungan NTB periode 2020-2023 oleh Sekda Lombok Tengah dengan Ketua terpilih yakni Lalu Sofyan Hardi . (*)