oleh

Kakan Kemenag Loteng Monitoring Pelaksanaan Matsama

LOMBOK TENGAH, MP – Pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) untuk peserta didik baru lingkup Kementerian Agama kabupaten LombokTengah, serentak dimulai Senin,(13/07). Kegiatan tahunan yang selalu ada di setiap lembaga pendidikan ini pada tahun pembelajaran 2020-2021 berlangsung dengan beberapa opsi kegiatan. Untuk daerah yang dinyatakan sebagai zona merah dan oranye, pemerintah memutuskan untuk melarang pelaksanaan Matsama dengan tatap muka. Sementara untuk zona hijau, pelaksanaan Matsama boleh dilakukan dengan sistem tatap muka terbatas dengan tetap berpegang pada pelaksanakan protokol Covid-19.

MTs Negeri 2 Loteng adalah salah satu madrasah yang melaksanakan Matsama dengan sistem tatap muka terbatas. Untuk memastikan pelaksanaan kegiatan Matsama sesuai dengan protokol covid 19 tersebut, Kepala kantor Kemenag Loteng, Haji Jalalussayuthy melaksanakan kegiatan monitoring ke beberapa madrasah negeri dan swasta, termasuk ke MTs Negeri 2 Loteng.

Didampingi Kasi Pendidikan Madrasah, Kepala Madrasah dan Kepala Tata Usaha MTs Negeri 2 Loteng, H.Jalalussayuthy berkeliling ke seluruh ruangan yang dipakai dalam kegiatan Matsama. Dalam evaluasinya, Kakan Kemenag Loteng menyampaikan harapan agar pelaksanaan Matsama tetap mengedepankan protokol covid-19. ”Untuk tetap mengantisipasi penyebaran covid 19, maka saya berharap semua yang terlibat dalam kegiatan Matsama untuk melaksanakan protokol covid, seperti wajib memakai masker,melakukan cek suhu tubuh dan cuci tangan sebelum memasuki area madrasah, tidak berkelompok atau berkerumun, tidak salaman dan yang  terpenting di dalam ruangan harus duduk berjarak ,minimal satu setengah meter,” terang Jalalussayuthi, Selasa (14/07).

Ditempat yang sama, Kasi Penmad Kemenag Loteng Haji Kemas Burhan, mengapresiasi pelaksanaan Matsama yang tetap mengindahkan dan melaksanakan protokol covid 19. Ia menyatakan, tahapan-tahapan pelaksanaan masa ta’aruf untuk peserta didik baru di MTs Negeri 2 Loteng telah memenuhi standar protokol covid-19. “Ini patut ditiru oleh madrasah lainnya,” ungkap Kemas Burhan.

Sementara itu, kepala MTs Negeri  2 Loteng, Masdiono, menyampaikan terima kasih kepada Kepala kantor dan Kasi Penmad Kemenag Loteng atas kunjungan dan arahannya sehingga pelaksanaan Matsama berjalan lancar dan baik. “Kami berharap seluruh peserta Matsama dapat mengikuti sampai selesai penutupan,” pungkasnya. (IW)

News Feed