oleh

Majukan Pariwisata, Keterampilan Warga Siap Dimatangkan

LOMBOK TENGAH, MP – Seiring berkembangnya pembangunan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pemerintah Desa (Pemdes) Kuta Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) terus memberikan pelatihan bagi masyarakat, khususnya kalangan pemuda. Hal ini bertujuan agar masyarakat bisa mempersiapkan diri untuk terlibat langsung dalam pengembangan pariwisata. “Sasaran kita untuk pelatihan ini adalah pemuda produktif dan juga ibu rumah tangga yang memiliki skil,” kata Sekdes Kuta, Mardan di ruang kerjanya, Rabu (27/03) kemarin.

Dikatakannya, beberapa pelatihan yang akan dilaksanakan tahun ini diantaranya, pelatihan bahasa inggris, kepariwisataan, tenun, tata rias, pengembangan unggas dan juga komputer. Dimana masing-masing peserta yang mengikuti pelatihan akan dilatih tentang keterampilan dan tata cara pengelolaan, seperti olahan rumput laut dan lainnya. “Keterampilan dan skil masyarakat harus dimatangkan melalui pelatihan ini. Agar mereka bisa terlibat langsung sebagai pengelola maupun pelaku usaha,” terangnya.

Dalam hal ini, ia berharap perhatian dari pemerintah kabupaten melalui instansi terkait seperti BLK, Dinas Pariwisata dan pihak ITDC untuk bisa ikut berpartisipasi terhadap pelatihan keterampilan masyarakat. Pasalnya, saat ini saja, untuk pelatihan dan pemberdayaan masyarakat hanya 25 persen. Sementara dari sisi lain, masih banyak infrastruktur yang harus dibenahi. “Ini tanggung jawab kita bersama dalam mensukseskan pariwisata. Jangan sampai masyarakat jadi penonton di wilayah sendiri,” ujarnya.

Oleh karena itu, kedepan pelatihan ini lebih difokuskan di bidang pariwisata. Mengingat Desa Kuta merupakan kawasan wisata yang progres pembangunannya sedang dikerjakan. Terlebih dengan keberadaan sirkuit motoGP. Akan tetapi, akun yang ada di siskudes masih terbatas, sehingga tidak bisa berjalan secara spesifik. “Semoga kedepan pelatihan lebih diutamakan di bidang pariwisata,” tandasnya. |slp

Kerjasama Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Lombok Tengah matapena.co.id

News Feed