oleh

Bypass BIL -KEK Mandalika Rampung 90 Persen

Lombok Tengah, Progres pembangunan jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL) – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah terus menunjukkan perkembangan.

Hingga pekan kedua September, progres pembangunan sudah mencapai 90 persen. Demikian disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Tengah, Lalu Firman Wijaya, ST., MT.,

Dikatakan Firman, progres pengerjaan jalan sepanjang 17 kilometer tersebut masih terus berlanjut.

“Target kita selesai pada bulan Oktober 2021 mendatang,” ungkapnya.

Disebutkan, untuk anggaran proyek tersebut mencapai 800 miliar. Dengan anggaran tersebut, diharapkan pada bulan November sudah bisa melayani alur transportasi dari bandara menuju kawasan pariwisata Mandalika.

“Dengan rampungnya jalan tersebut, kita siap menyambut pagelaran event balap dunia world Superbike November mendatang dan MotoGP Maret 2022,” ujarnya.

Mantan Kepala Dinas PUPR itu menambahkan, untuk sarana penerangan bypass, pemerintah pusat melalui Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan sudah menyiapkannya. Termasuk juga dengan pembuatan marka jalan.

Untuk diketahui, paket pembangunan jalan bypass Bandara Lombok – Mandalika terdiri atas tiga paket. Paket pertama yakni sepanjang 4,3 km dengan progres mencapai 81,68 persen. Sedangkan paket kedua yakni sepanjang 9,70 km dengan progres mencapai 77,73 persen. Kemudian paket ketiga yakni sepanjang 3,38 km dengan progres mencapai 72,37 persen.

Jalan Bypass BIL – KEK Mandalika dengam panjang 17,36 Km tersebut akan mengurangi waktu tempuh Bandara Lombok ke KEK Mandalika dari semula sekitar setengah jam lewat jalan lama menjadi 15 menit.

“Pembangunan bypass BIL – KEK Mandalika bersumber dari APBN 2020-2021 sekitar 814 miliar,” tungkasnya. Ik

News Feed