oleh

Reses HL Wiraksa, Masyarakat Inginkan Kenaikan Status Jalan Desa

LOMBOK TENGAH, MP – Reses anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) Dapil III Pujut-Praya Timur, HL. Wiraksa yang berlangsung di Dusun Lentek 1 Desa Rembitan Kecamatan Pujut condong pada kenaikan status ruas jalan Desa Rembitan menuju Dusun Rangkap Desa Kuta. Dimana, warga menginginkan agar ruas jalan desa tersebut bisa dinaikkan statusnya menjadi jalan kabupaten. “Karena kalau dilihat dari segi kelayakan, memang ruas jalan ini sudah layak untuk menjadi jalan kabupaten,” kata Lalu Wiraksa saat dihubungi, kemarin.

Menurutnya, jika mengacu pada syarat dan ketentuan, ruas jalan desa tersebut sudah sangat layak menjadi jalan kabupaten. Pasalnya, lebar ruas jalan saat ini sekitar 3,5 meter dengan panjang 12 km. Sementara, panjang ruas jalan yang sudah dikerjakan dalam bentuk lapen baru sekitar 4 km, sedangkan sisanya masih belum dikerjakan sekitar 8 km dan masih dalam bentuk jalan tanah. “Harapan mereka, jika statusnya sudah menjadi jalan kabupaten, nanti sisanya bisa dituntaskan oleh Pemerintah Daerah (Pemda),” terangnya.

Ia menjelaskan, alasan masyarakat menginginkan ruas jalan desa dijadikan jalan kabupaten karena selama ini jalan tersebut merupakan salah satu akses alternative warga menuju destinasi wisata di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dan beberapa desa lainnya. Sehingga salah satu cara agar pengerjaanya bisa dituntaskan secara keseluruhan adalah dengan menaikkan statusnya menjadi jalan kabupaten. “Memang selama ini masyarakat sangat menginginkan agar ruas jalan ini bisa dijadikan jalan kabupaten. Karena jalan ini salah satu akses perekonomian masyarakat,” jelasnya.

Disatu sisi, lanjut Wiraksa, masyarakat juga berharap agar bisa diberdayakan melalui program pelatihan-pelatihan kepariwisatan yang dianggap sangat bermanfaat ketika KEK Mandalika yang dikelola pihak ITDC pengerjaanya tuntas. “Ada juga usulan program pemberdayaan guna menyambut perhelatan MotoGP di KEK Mandalika. Apalagi November mendatang Mandalika akan menggelar superbike. Jadi hal ini sangat penting untuk mempersiapkan SDM masyarakat di sekitar KEK Mandalika,” tandas politis Nasdem ini. |slp