Yang Baru di Festival Pesona Bau Nyale 2018

LOMBOK TENGAH,MP –  Ada yang baru dan sepktakuler pada Festival Pesona Bau Nyale 2018, mulai dari fasilitas hingga rangkaian kegiatanya. Hal ini terungkap pada rapat yang digelar Pemerintah kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah, rabu (7/2) 2018 lalu di D`Max Hotel. Pada rapat itu hadir Kadis Pariwisata NTB, Sekda Lombok Tengah dan seluruh pihak yang terlibat pada kegiatan Nyale tersebut.
Kadis Pariwisata NTB, HL.Muhammad Faozal, menyampaikan berbagai macam hal terkait dengan Festival Pesona Bau Nyale 2018 tersebut. Mulai dari berbagai macam fasilitas yang akan digunakan hingga seluruh rangkaian kegaiatanya. Salah satu yang menarik, akan dibanguan sebuah jembatan baru dipusat kegiatan Bau Nyale.”Jembatan ini untuk menghubungkan tenda tamu VIP dengan panggung,”katanya.
Tenda tamu VIP akan ditempatkan di Bencingah yang sudah dibanguan oleh Pemda Lombok Tengah. Dengan demikian para tamu bisa melihat hampir seluruh area Bau Nyale yang diawarnai lalu lalang masyarakat yang ada disekitarnya. Selain itu, dengan nyaman bisa melihat ke panggung sepktakuler yang akan didirikan panitia.”Jembatan itu ketinggianya sudah diukur sehingga tidak menggangu orang yang lalu lalang dibawahnya. Karena jembatan ini ada diatas jalan akses ke pantai seger,”terangnya.
Sementara itu, panggung lanjut Kadis Pariwisata, dibuat sangat luas dengan ukuran sekitar 16×16 meter sehingga seluruh property apa saja yang dipentaskan diatas panggung bisa masuk. Yang baru akan dipasangan layar  3 bauh layar LED yang akan menampilkan semua peristiwa yang ada diatas panggung. Dengan demikian bagi masyarakat yang ada dikejauhan, bisa dengan jelas menikmati aksi panggung.”Panggung ditempatkan ditanah lapang yang ada  disekiat bukit seger yang letangnya bersebarangan dengan tenda tamu VIP. Jadi antara tenda VIP dengan Panggung saling berhadapan,”jelasnya.
Kemudian yang baru dari rangkaian kegiatan Festival Pesona Bau Nyale 2018, adalah akan digelar Mandalika World Music Festival yang akan menghadirkan pentas music Jazz. Karena saat ini music Jazz sangat digandrungi oleh segala penjuru dan menjadi trend dera saat ini. Maka pada Festival Pesona Bau Nyale kali ini akan diepersembahan satu sentuhan music jazz dengan konsep yang berbeda.”Akan ada kolaborasi  musisi jazz ternama seperti surya dipa, Chandra irawan, ary juliant, septian hady dan musisi lokal,”ungkapnya.
Musisi-musisi jazz ini akan mencoba meng-eksplor keseneian traditional Lombok yang dikolaborasikan dengan sentuhan nada jazz yang akan menarik wisatawan yang akan menikmati world music di Mandalika Jazz Nite. (ding)