Bupati Harapkan Jalur Pendakian Melalui Aik Berik Menjadi Yang Terbaik Didunia

Bupati Harapkan Jalur Pendakian Melalui Aik Berik Menjadi Yang Terbaik Didunia


LOMBOK TENGAH,MP – Bupati Lombok Tengah HM Suhaili FT, SH dalam sambutannya pada acara launching Tracking Rinjani (19/11) mengatakan, kegiatan ini merupakan momentum kita bersyukur sebagai bangsa kepada Allah SWT atas berbagai karunia yang diberikan kepada masyarakat Lombok Tengah khsusunya. Salah satunya yang kita ikhtiarkan untuk dikelola pada muaranya nanti akan mendatangkan manfaat kepada masyarakat adalah dibukanya jalur pendakian yang sudah lama ada namun saat ini secara resmi akan dibuka oleh pemerintah pusat dan provinsi yaitu jalur pendakian melalui wilayah Lombok Tengah yang salah satunya yaitu jalur Aik Berik. “Insya Allah kedepan diwilayah Lombok Tengah ini paling tidak, ada lima titik pintu nantinya yang akan ketemu disatu titik yang diresmikan atau diijinkan dan direkomendasikan oleh TNGR yaitu titik pertemuan yang namanya gres ini merupakan batas wilayah TNGR, yang mulai dari desa Karang Sidemen, Desa Lantan, Aik Berik, kemudian diwilayah timurnya desa Steling, Aik Bual kecamatan Kopang. Dan ini harapan kami kedepan,” kata Bupati.
Bupati berharap kepada masyarakat disekitar Gunung Rinjani ini harus mensyukuri nikmat dari Allah SWT.
Bupati dalam kesempatan itu mengaku sangat bersyukur dan teraharu dengan dibukanya jalur pendakian melalui Aik Berik atas kepercayaan yang diberikan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi atas kepercayaan yang diberikan kepada Lombok Tengah untuk menjadi salah satu pintu jalur pendakian ke Rinjani. Ini merupakan salah satu opsesi, cita-cita dan dambaan harapan yang sudah lama didambakan oleh masyarakat Lombok Tengah.
Diakui Bupati sebelum namanya Rinjani, Gunung ini namanya Samalas meletus pada tahun sekitar 1200 san, dan ternyata ada generasi yang hilang di salah satu dusun di Aik Berik sebab ditemukan benda-benda purbakala. Sebab ada kerajaan Pamatan yang namanya tenggelam dengan letusan gunung Samalas tersebut. “Dengan berbagai macam peninggalan yang ditemukan tersebut, nantinya kami juga akan membuat suatu desa namanya Desa wisata Geologi di BKU ini,” kata Bupati.
Bupati menegaskan, apa yang dimiliki oleh Lombok Tengah ini patut disyukuri atas nikmat yang dikaruniai oleh Allah SWT, dan semua ini akan dimanfaatkan seluas-luasnya untuk kemaslahatan masyarakat Lombok Tengah, NTB dan Indonesia secara luas, dan semua ini hajatan yang dicita-citakan oleh Lombok Tengah. “Kami tidak silau untuk meningkatkan PAD, tetapi saya lebih cendrung untuk bagaimana ini menjadi salah satu wahana untuk lapangan pekerjaan bagi masyarakat sehingga menjadi salah satu alternatif tempat mengais rezeki bagi masyarakat kami di Lombok Tengah,” tegasnya.
Diharapkan dengan dibukanya trecking ini, manusia banyak yang datang ke wilayah ini, sehingga cita-cita jalur pendakian di Lombok Tengah ini menjadi yang terbaik bukan hanya se Indonesia melainkan jalur pendakian terbaik sedunia.
Mulai dari jalur dibawahnya akan diperkenalkan ada situs purbakala, ada desa geologi, kemudian bagaimana ada kekayaan kebun-kebun masyarakat, sepanjang jalan pemandangan yang indah-indah, ada kupu-kupunya bahkan ditemukan jenis anggrek sebanyak sekitar 75 jenis. “Khusus untuk masyarakat Aik Berik, syukur itu tidak bisa hanya dengan lisan tetapi dengan ditunjukkan dengan gerak-gerik, tutur kata dan sikap yang baik dalam menyambut karunia Allah ini,” tegas Bupati sembari menambahkan, dengan dibukanya jalur pendakian ini, maka beberapa jalur dan jalan yang ada pihaknya akan lebarkan. Sehingga masyarakat bisa membangun home stay, termasuk yang akan menjual hasil yang ada bisa lebih banyak lagi, ada yang menjadi porter, bahkan bila perlu ada yang menyewakan kuda dan beberapa obsesi lainnya akan dilakukan. Sehingga angka kemiskinan di BKU ini akan berangsur-angsur berkurang dengan adanya jalur pendakian ini.
Bupati menegaskan, dengan dibukanya jalur pendakian ini merupakan salah satu peluang untuk penyeimbangan potensi pembangunan pariwisata yang ada di wilayah utara dan selatan Lombok Tengah. “Saya berharap bagaimana kita semua bergandeng tangan untuk membangun potensi yang ada ini. Terutama bagaimana keramah tamahan yang dilakukan oleh masyarakat. Dan yang terpenting jangan ajimumpung, dengan dibukanya jalur ini karcis semaunya dibuat, harga-harga yang dijual naik berlipat. Ini semua tidak boleh dilakukan,” tegas Bupati.
Dengan dibukanya jalur pendakian Rinjani ini, Bupati mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi dan Pusat atas kepedulian dan kepercayaan yang diberikan kepada Lombok Tengah dengan dibukanya salah satu jalur pendakian melalui Lombok Tengah ini ke Rinjani.|wan

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.