PemkabTandatangani Pakta IntegritasTertib Arsip

PemkabTandatangani Pakta IntegritasTertib Arsip

LOMBOK TENGAH, MP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah menandatangani pakta integritas pencanangan gerakan sadar tertib arsip bersama Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia.

Wakil Bupati Lombok Tengah, H.Lalu Pathul Bahri mengatakan, gerakan sadar tertib arsip sangatlah penting, karena arsip merupakan asset yang harusdijaga dan dirawat denganbaik. Sehingga bila dibutuhkan mudah dicari.

Untuk itu, ia mendorong semua OPD lingkup Pemkab Loteng untuk tertib mengelola arsip. Sebab keberadaan arsip sangatlah penting. “Mari kita kembangkan system pengarsipan yang terintegritas antar organisasi perangkat daerah di Loteng,” ungkapnya.

Kemudian, sekecil apapun kegiatan yang dilakukan oleh OPD wajib untuk diarsipkan. Hal tersebut tidak hanya berfungsi sebagai bahan pertanggungjawaban secara formalitas semata, namun juga bisa menjadi bahan evaluasi atas program dan kegiatan yang telah dilaksanakan. “Saya minta perangkat daerah untuk tertib arsip,” tegasnya.

Orang nomor dua di lingkup Pemkab Loteng itu juga mengakui, saat ini pengelolaan arsip belum maksimal di setiap SKPM, pihaknya melihat asrip tidak tertata rapi di ruangannya. Tapi ia berharap, melalui sosialisasi ini akan tumbuh kesadarannya untuk lebih peduli dan tertib dalam pengelolaan arsip. “Biasanya arsip itu dianggap penting apabila sedang ada yang dicari.Maka saya harap ini menjadi perhatian,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Arsip Nasional RI, Mustari Irawan menyatakan, pemerintah saat ini sangat memperhatikan pengarsipan dengan membuatberbagai macam terobosan dan membuat sejumlah regulasi tentang arsip. Hal ini dilakukan, agar apa yang dikerjakan tidak menjadi masalah dikemudian hari. Sehingga, sangat penting dilakukan. “Tertib arsip untuk kepentingan kita semua,” katanya.

Dengan adanya pengarsipan yang baik di semua OPD nantinya, maka pelayanan kemasyarakatakan semakin baik dan maksimal. “Jadi mari kita melakukan pengarsipan dengan baik, sehingga tidak menjadi masalah dikemudian hari,” tungkasnya. |dk

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.