Karnaval Mandalika Sholah Sholeh Sholoh Meriah

Karnaval Mandalika Sholah Sholeh Sholoh Meriah

LOMBOK TENGAH, MP – Pelaksanaan karnaval bulan pesona Mandalika Sholah Sholeh Sholoh dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Lombok Tengah ke-72 berlangsung meriah.

Menariknya, masyarakat Lombok Tengah maupun luar Loteng sangat terlihat antusias menyambut dan menyaksikan karnaval tersebut. Karena, karnaval itu diikuti ribuan peserta. Bahkan, bukan hanya warga Loteng saja yang ikut dalam karnaval itu, tapi peserta dari kabupaten/kota lain ikut bergabung. Seperti dari Sumbawa dan lainnya. Tidak hanya itu dari berbagai etnis juga ikut dalam barisan karnaval tersebut, diantaranya etnis tianghoa dengan barongsainya, etnis Hindu dengan tari rejeng renteng dan Ogoh-Ogohnya. Etnis Jawa dan sejumlah entnis lainnya. Selain itu, dari Kepolisian Resort (Polres) Loteng juga ikut, bahkan Polres Loteng memperagakan kehebatannya di masyarakat, seperti gendang beleq, tari kacak dan lainnya.

Kemudian, praja IPDN NTB ikut ambil bagian di karnaval tersebut. Dimana, sekitar 150 praja memberagakan keahliannya dalam memainkan drum band. Dari masing-masing kecamatan juga ikut dalam barisan karnaval. Kecamatan dengan Pemaosan, Praya Timur dengan Amaq Abir, Kopang dengan Panjitilar Negara, Batukliang dengan Nyongkolan, Batukliang Utara dengan Misteri Putri Rinjani, Jonggat dengan Praja Kikir, Pringgarata dengan cupak gerantang, Janapria dengan Datu Brenge, Praya Barat dengan Betandak, Praya Tengah dengan perang timbung, Pujut dengan Nede dan Praya Barat Daya dengan Praja Sunat.

Dilanjut dengan devile kendaraan hias yang terdiri dari tiga kelompok kerja (Pokja) di Loteng, yakni Pokja Agri culture, Marine, Tourism (ATM), Pokja MGDs (Millenium Development Goals) dan Pokja penunjang.

Dalam barisan karnaval itu pula terlihat Forum Kesatuan Umat Beragama (FKUB) Loteng. Dimana, dalam kesempatan itu, FKUB Loteng memberikan pernyataan sikapnya di hadapan Bupati Loteng, HM Suhaili FT, Wakil Bupati Loteng, L Fathul Bahri yang menyatakan, FKUB siap mendukung pembangunan di Loteng, FKUB siap menjunjung tinggi toleransi beragama menuju Mandalika Sholah Sholeh Sholoh dan FKUB siap menjaga dan mempertahankan Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Terlihat juga dalam karnaval itu, Putri Indonesia pariwisata 2016 yang bergabung dengan Terune Dedare  Loteng 2017.

Tidak kalah pentingnya dalam barisan karnaval itu terlihat barisan seluruh SKPD yang dipimpin langsung Sekda Loteng, H Nursiah. Dalam balutan busana adat khas sasak bernuansa coklat tanah yang melabngkan kesederhanaan dan kekuatan dalam mengemban amanh masyarakat gumi Tastura. Dalam kesempatan itu pula, Sekda Loteng selaku komandan pasukan karnaval Mandalika Sholah Sholeh Sholoh dipanggung kehormatan memberika laporan pelaksanaan Karvanal siap dijalankan. “Jalankan,” ungkap HM Suhaili FT dipanggung kehormatan.

HM Suhaili FT, L Fathul Bahri, H Ahmad Fuaddi FT dan tamu undangan lainnya seketika itu terus memberikan senyuman, tepuk tangan dan melambaikan tangannya kepada semua peserta karnaval. |dk

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.