15 PLT Kades Persiapan dan 2 Penjabat Kades Lama Dilantik

15 PLT Kades Persiapan dan 2 Penjabat Kades Lama Dilantik
LOMBOK TENGAH,MP – Wakil Bupati (Wabup),L.Pathul Bahri,S.Ip lantik 17 Plt Kepala Desa, Kamis (23/3) 2017 di Pendopo Bupati Lombok Tengah. Wabup, berharap seluruh Penjabat Kades yang sudah dilantik tersebut, menjadi pemimpin-pemimpin yang dicintai oleh masyarakatnya. Demikian disampaikan, Wabub, L.Patahul Bahri,S.Ip pada sambuatnya pada acara tersebut.
Lebih jauh Wabup menyampaikan, pelantikan Kades kali ini bernuasan berbeda dan istimewa karena merupakan pelantikan Kades yang dipilih oleh kades. Pelantikan Kades persiapan tersebut merupakan keharusan agar penyelanggaraan pembangunan di 15 desa persiapan dapat berjalan sebagaimana mestinya.
Tugas para Kades yang baru dilantik itu lanjut Wabup, tidaklah ringan. Karena akan membangun pondasi sarana dan prasarana yang akan menunjang pemerintahan yang baik, agar dalam perjalanan mengemban amanah sebagai Kades persiapan sesuai dengan harapan.”Saudara-sudara penjabat Kades harus menyususn rencana pembangunan desa dengan ikut sertakan partisipasi masyarakat didesa masing-masing,”Katanya.
Selain itu imbuh Wabup, Kades persiapan tersebut harus melaporkan setiap perkembangan desa persiapan yang dipimpinya kepada Bupati secara berkala setiap 6 bulan sekali melalui camat dan Kepala Desa Induk.
Adapun  indikator-indikator yang harus dilaporkan penjabat kepala desa persiapan  terkait dengan pelaksanaan tugasnya sebagai PLT desa persiapan jelas Wabup meliputi, penetapaan wilayah dan batas-batas desa sesuai dengan kahedah yang ada, pengelolaan anggaran desa persiapan d pembentukan struktur organisasi desa.”Selanjutnya,  pengangkatan perangkat desa, penyiapan fasilitas dasar bagi penduduk desa, pembangunan sarana dan prasarana desa termasuk membangun kantor desa,”Jelasnya.
Selain itu, pemerintah desa persipaan juga harus melakukan, pendataan bidang kependudukan, potensi ekonomi, inventarisasi pertanahan, serta pembangunan sarana ekonomi, pendidikan dan kesehatan, serta  pembukaan akses perhubungan antar desa.
Yang perlu dimalumi lanjut Wabup, sumber anggaran desa persiapan berasal dari Anggaran Pendatapan Belanja Desa (APBDes) induk.  Dimana desa persiapan mendapatkan alokasi operasional sebesar  30 persen dari APBDes induk tersebut. “Yang perlu diingat, saudara-saudara Kades Persiapan diberikan tenggat waktu 3 tahun untuk mempersiapkan indicator-indikator menjadi desa pemekaran. Bila indicator-indikator itu tidak bisa dicapai, maka desa persiapan akan digabung kembali ke desa induk,”Tandasnya.
Untuk itu, Wabup himbau agar seluruh penjabat kepala desa persiapan yang baru dilantik, bekerja dengan sebaik-baiknya, membangun komunikasi dan sinergi dengan seluruh element masyarakat dimasing-masing desa sehingga tidak muncul masalah-masalah yang akan menghanbat tercapaianya desa masing-masing menjadi desa pemekaran.
Belajar dari beberapa desa yang saat ini terjerat masalah hukum, wabup berharap agar pemerintah desa senantiasa transparan dalam mengelola program didesa. Karena berbgai maslah yang menjerat sejumlah kades, berawal dari tertutupnya informasi terkait program dan anggaran desa.”Semoga hal itu tidak terjadi pada desa yang saudara-saudara pimpin,”Ucap Wabup.
Amanah yang telah diberikan ini lanjut Wabup, harus dijalankan dengan sungguh-sungguh  dan diniatkan sebagai lading Ibadan kepada Allah SWT, sebagai kesempatan emas untuk menujukkan  pengabdian terbaik bagi masyarakat  sebab desa yang dipimpin merupakan desa persiapan yang merupakan desa yang baru terbentuk.”Artinya, catatlah sejarah masing-masing dan torehkan tinta emas sebagai bagian kehidupan saudara sekalian yang akan dikenang oleh masyarakat masing-masing,”Paparnya.
Tentu lanjut Wabup lagi, nanti akan dipertanyakan diaherat kelak, tentang bagaimana seorang pemimpin tentang sesuatu yang dipimpinya. Dari sekarang, kades yang sudah dilantik sudah mulai merenung dan berfikir terhadap seperti apa masyarakat akan dibawa melalui pemerintahan desa yang kini dipimpin. “Kades yang baru dilantik, harus sudah tahu apa yang akan dilakukan dalam menghadapi kondisi kekinian seperti saat ini. Akhirnya semoga Allah memberikan yang terbaik untuk masyarakat, selamat sudah dilantik, luruskan niat dan jadilah penjabat yang dicintai masyarakatnya,”tutup Wabup.
Untuk diketahui, pada acara tersebut, dilantik 15 PLT Kades persiapan antara lain, Drs.H.Kamarudin sebagai PLT Desa Persiapan Tibu Sisok, Lalu Bardiman sebagai PLT Kades Berinding, Bq Ratnasih Nirmalasari sebagai PLT Kades Lelong, H.Maskanah,SH sebagai PLT Kades Beleke Lebe Sane dan Mastur selaku PLT Kades Desa persiapan Pajangan.
 Selanjutnya, Sarjono,S.sos sebagai PLT Desa Pandan Tinggang, Lalu Juanse sebagai PLT Kades Kerame Jati, Lukman Hadi,SE sebagai PLT Kades Jero Puri, Usman sebagai PLT Kades Jangka Wana. Berikutnya saudara Sahnan sebagai PLT Ksdes Prako, Rumase sebagai PLT Kades Beleke Daye, Suparman,S.Ip sebagai PLT Kades Pemonang.
Kemudian,  Lalu Faozan Khlaik Ismial,S.Ip  sebagai PLT Kades Lendang Tampel dan Ismail sebagai PLT Kades Lengkok Brenge,  Muliadi selaku PLT Kades Dadap, Lalu Mustia sebagai PLT Kades Langko dan Lalu Sungkul sebagai PLT Kades Tumpak .(ding)
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.