Dinas Perpsutakaan dan Kearsipan Gelar Bintek Bagi Pustakawan

Dinas Perpsutakaan dan Kearsipan Gelar Bintek Bagi Pustakawan
Zohran
LOMBOK TENGAH,MP – Untuk meningkatkan kapasitas pustakawan demi meningkatnya minat baca warga Lombok Tengah, pemerintah melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lombok Tengah, gelar kegiatan Diklat atau Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan perpustakaan, Kamis (23/2) 2017 di Aula kementerian Agama-RI Lombok Tengah.
Kasi Pengelolaan Deposit dan Pelestarian Badan Pustaka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lombok Tengah, Zohran,S.pd selaku panitia menjelaskan, kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 50 orang peserta pustkawan dari perpustakaan desa dan kelurahan, perpustakaan rumah ibadah dan perspustakaan Sekolah.”Peserta tampak antusias dalam mengikuti kegiatan ini,”Katanya.
Kegiatan tersebut lanjut Zohran, S.Pd akan digelar selama 3 hari kedepan dengan berbagai materi Bintek antara lain, bagaimana strategi dalam mengundang warga agar mau dan rajin membca dan mengunjungi perpsutakaan yang dikelola.”Selain itu, ada juga materi soal bagaimana menyususn dan menempatkan buku yang baik sehingga mudah bagi pemnbaca untuk menemukan judul buku yang dicari,”Jelasnya.
Dalam kurun 4 tahun terakhir lanjut Zohran,S.Pd, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan telah melatih sedikitnya sebanyak 950 orang pustkawan yang tersebar di Lombok Tengah. Dengan rincian, yang dilatih tersebut merupakan pengelola perpustakaan terbaik negeri mapaun swasta sebanyak 830 orang. “ Dan sisanya merupakan  pengelola perpustakaan desa dan rumah ibadah,”Ungkapnya.
Dengan makin bertambahnya minat baca masyarakat saat ini, yang terlihat dari banyaknya warga yang mengunjungi perpustakaan yang ada, sesuai dengan data dan informasi yang disampaikan masing-masing pustakawan, maka kelompok masyrakat yang berminat membentuk perpustakan makin meningkat.”Dirumah-rumah penduduk terus bertambah perspustakaan swadaya masyarakat. Ini pertnada baik,”Ujarnya.
Untuk itu kedepan, diharapkan kegiatan Bintek seperti itu tandas Zohran, S.Pd, bisa ditingkatkan lagi dengan adanya support anggaran dari pemerintah. Semangat masyarakat untuk mengelola perpustakan sendiri, harus diimbangi dengan dukungan pemerintah, bagaimana agar pengelolaan perpustaakan ditengah-tengah masyarakat tersebut baik dan berkwalitas.”Dengan demikian, minat baca diharapkan terus meningkat sehingga pengetahuan masyarakat semakin meningkat pula,”Pungkasnya. (ding)
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.