Puluhan Pejabat dan Masyarakat Hadiri Musrenbang Batukliang

Puluhan Pejabat dan Masyarakat Hadiri Musrenbang Batukliang
LOMBOK TENGAH,MP – Puluhan pejabat dan pegawai lingkup Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah, Selasa (21/2) 2017 hadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Batukliang, yang digelar di Aula Kantor Camat setempat.
Camat Batukliang, Drs. Lalu Sabit dalam pidatonya saat membuka Musrenbang tersebut menyampaikan, begitu banyak usulan kegiatan yang berasal dari berbagai desa yang semuanya diklaim sebagai usulan prioritas.”Inilah yang menjadi salah satu kesulitan kami dalam menyusun rencana pembangunan Batukliang tahun 2018 nanti,”Katanya.
Seperti apa usulan itu lanjut Camat, nantinya akan disampikan secara rinci oleh masing-masing desa atau kelompok masyarakat yang mengajukan ususulan rencana kegiatan tersebut. Dari yang ia cermati, semua usulan memang sangat bagus dan penting untuk masyarakat.
Pada kesempatan tersebut, Camat juga menyampaikan sejumlah pembangunan yang sudah dilakukan di kecamatan Batukliang. Antara lain pembangunan dibidang peningkatan kapasitas baik kapasitas didesa dan juga dikecamatan. “Selain itu ada pembangunan infrastruktur pedesaan di 10 desa se kecamatan Batukliang yang dibangun dari APBDes. Dimana dari 10 desa itu terdapat APBdes sebesar sekitar Rp. 11 miliar lebih,”Jelasnya.
Selain itu lanjut camat, ada sejumlah program pembangunan yang saat Ini masih berjalan dengan baik. Salah satunya adanya Kelompok Usaha Khusus Perempuan yang sumber bantuanya berasal dari Simpan Pinjam Perempuan (SPP) yang merupakan program peninggalan PNPM.”Terakhir jumlah total dana dari SPP PNPM ini mencapai sekitar Rp.4 miliar dan masih terus bergulir dimasyarakat,”Ungkapnya.
Program Keluarga Harapan (PKH) hingga saat ini lanjut Camat juga masih terus berjalan dengan baik. Ditambah lagi sejumlah kegiatan pembangunan dari sejumlah SKPD di Lombok Tengah yang memilih melakukan pembangunan diwilayah kecamatan Batukliang.”Apa saja dan berapa jumlah kegiatan SKPD di Batukliang ini tidak bisa saya sebut satu persatu disini,”Ucapnya.
Menindak lanjuti kewenangan yang diberikan kabupaten ke kecamatan, pihak kecamatan Batukliang menyebut, kalau sudah mengeluarkan ratusan izin Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Hingga saat ini tercata sebanyak 381 izin UMKM yang sudah diterbitkan Kecamatan Batukliang.”Bahkan pada tahun ini, kita sudah menerbitkan sebuah izin usaha dengan modal mencapai Rp.500 juta,”Ujarnya.
Diakhir pidatonya, Camat berharap agar seluruh anggota dewan terutama yang berasal dari Daerah pemilihan (Dapil) 6 bisa dengan instens melakukan pengawalan terhadap hasil Musrenbang Batukliang tersebut. Apalagi salah satu anggota dewan, terpilih menjadi salah satu unsure pimpinan DPRD Lombok Tengah. (ding)
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.