Lombok Tengah Gelar Seminar Internasional Pendidikan Islam Dan Wisata Halal Dunia

Lombok Tengah Gelar Seminar Internasional Pendidikan Islam Dan Wisata Halal Dunia
LOMBOK TENGAH,MP – Ratusan peserta dari dalam dan luar negeri, ikuti Seminar Internasional dalam rangka peringatan Hari Jadi ke 71 Kabuapten Lombok tengah, yang digelar pada Senin (10/10) 2016 di Aula Kampus IPDN Praya Lombok Tengah. Seminar itu, mengambil tema peningkatan kedaulatan bidang lokal dan pendidikan islami.
Ketua Panitia, DR.Sri Rezeki, Spd mengatakan, seminar tersebut akan dilaksanakan selama 2 hari yakni Senin hingga Selasa tanggal 10 hingga 11 oktober 2016.  Dijelaskan, seminar itu bertujuan untuk membedah peran pendidikan pada umumnya dan pendidikan islam pada kuhususnya serta budaya lokal dalam pengembangan wisata halal. “Acara ini terselengara atas kerjasama pemerintah daerah Lombok tengah dengan asosiasi dosen dan guru Indonesia serta dengan IPDN praya Lombok Tengah,”Katanya.
Kerjasama juga dilakukan dengan Pimpinan Daerah Muhammadyah dan Islamic Internasional Comisin on Saint, Quran and Sunnah Asia Fasifik dan Universitas Of Malaya, PGRI yang saat ini dari MKKS kabupaten Lombok Tengah. Diamana jumlah terdaftar sebanyak 400 orang peserta namun hingga saat ini yang bariu datang sebanyak 290 orang. “Adapun pemakalah yang akan hadir pada acara ini sebanyak  38 pemakalah,”Jelasnya.
Ada 4 sub tema yang diangkat dalam Seminar tersebut yakni Pendidikan, aplikasi pendidikan,budaya dan kedaulatan budaya dalam wisata halal dunia. Adapun peserta terdiri dari Negara Yordania, Srilangka, Thailand , Malaysia dan juga Arab Saudi. Selain itu sejumlah universitas di NTB dan juga Universitas  Lambung Mangkurat Banjar Masin dan juga dari Universitas Islam Negeri Malang. “Sebelumnya tak lupa kami sampaikan permohonan maaf atas terjadinya keurangan terhadap pelaksanaan dan jalanya seminar ini,”Ucap Sri Rezeki.
Wakil Bupati (Wabup), L.Pathul Bahri,S.Ip mengatakan, kegiatan itu sangat penting sebagai penambah ilmu bagi para dosen ataupun guru yang selanjutnya nanti akan disampaikan kepada anak didik. Karena hal itu akan sangat bernilai bagi anak cucu kedepan sebagai pijakan untuk mengembangkan pembangunan didaerah ini.”Untuk itu saya mengucapkan terimakasih karena kegiatan ini digelar di Lombok tengah sebagai salah satu rangkaian peringatan Hari jadi ke 71 Lombok Tengah,”Katanya.
Tema yang diangkat pada seminar tersebut lanjut Wabup, dinilainya sangat tepat. Diketahui bersama kata Wabup, aspek yang paling penting terhadap budaya dan kehidupan masyarakat saat ini adalah aspek pendidikan.  Kwalitas masyarakat sangat dipengaruhi oleh pendidikanya, dimana pendidikan salah satu indicator utama menentukan kemajuan dan budaya serta peradaban masyarakat.”Selain itu pendidikan islam mampu menjadi solusi berbagai kemerosotan moral serta pengaruh negative kemajuan tehknologi yang terjadi saat ini,”Jelasnya.
Wabup berharap, agar pendidikan islam yang dibahas pada seminar tersebut bisa menambah hasanah berfikir sekaligus memperkaya pendidikan islan didunia khususnya Negara-negara yang memiliki penduduk mayoritas islam seperti di Indonesia.”Saya berharap diakhir acara ini kita mendapatkan rekomendasi sehingga dunia pendidikan kita semakin membaik,”Pungkasnya.
Untuk diketahui, sejumlah narasumber dari berbagai keahlian dalam pendidkan akan menjadi narasumber pada seninar internasional tersebut. Antara lain, Direktur Lembaga Internasional Ijaz ‘Ilmi Fil Quran Wassunnah Mekkah Almukarramah, Syeikh Dr. Fauzi Faiq,  Dekan Fakulti Pendidikan Universiti Malaya, Kuala Lumpur, Prof. Dr. Mariani MD Nor ,  Ass. Prof. Dr. Wan Hasmah Wan Mamat,  Ass. Prof. Dr. Zawawi Ismail,  Dr. Zaharah Hussin  dan Pejabat Bank Rakyat Malaysia, Ustadz Mohd. Zamery Abdul Razak. (ding) (Kerjasama Bagian Humas dan Protokol Setda. Kabupaten Lombok Tengah dengan matapena.co.id)
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.