UPT Perpustakaan Terus Bergerak Tingkatkan Minat Baca

UPT Perpustakaan Terus Bergerak Tingkatkan Minat Baca

LOMBOK TENGAH,MP – Untuk meningkatkan minat baca warga terutama anak-anak di Kabupaten Lombok Tengah, Unit Pelaksana Tugas (UPT) Pesrpustakaan setempat, melakukan berbagai cara. Mulai dari mendatangi berbagai macam kegiatan warga dan lainya. Dan baru-baru ini, bekerjasama dengan kegiatan Raimuna Pramuka Kecamatan Praya Tengah yang dibuka Sabtu (30/7) 2016 lalu.

Pada kegiatan Raimuna yang digelar di Lapangan Umum Mandalika Keluarahan Jontlak tersebut, nampak Mobil Pintar perpustakaan dikerubungi warga sekitar baik ibu-ibu dan juga anak-anak setempat.”Sambil ajak anak bermain dilapangan ini kita baca-baca buku. Mumpung ada mobil buku ini datang,”Ujar Ibu Sukmawati, 40 tahun ditanya disela-sela membaca buku dari Mobil Pintar tersebut.

Ia tampak tertarik membaca buku-buku cerita daerah nusantara. Alasanya agar bisa memnceritakan kepada anak-anaknya bila sudah besar nanti. Pasalnya anaknya saat ini baru berumur 3 tahunan yang belum masuk sekolah dan belum bisa membca dan menulis.”Untuk saya cerita anak-anak nanti jelang tidur pak. Makanya saya baca buku cerita ini saja,”Imbuhnya.

Selain Ibu Sumawati, belasan anak-anak lainya yang malau-malu bicara saat ditanya wartawan juga tampak asyik membaca berbagai macam buku yang dibawa oleh Mobil Pintar yang dikelola oleh UPT perpustkaan tersebut. Sambil sesekali bersenda gurau dengan temanya, mereka tampak saling goda mengenai buku yang dibacanya.

Kepala UPT. Perpustakaan, Zohran,S.Pd menyampaikan, kedatangnya ke acara yang berlangsung selama 3 hari  tersebut, berkat kerjasama pihaknya dengan panitia Raimuna Pramuka Kecamatan Praya Tengah tersebut. Selain Mobil Pintar, perlengkapan seperti LCD untuk presentasi tentang perpustakaan juga dibawanya.”Ini bisa dibilang multi fungsi. Sound system juga bisa dipergunakan,”Jelasnya.

Pihaknya akan senantiasa terus bergerak untuk menumbuh kembangkan minat baca bagi anak-anak dan warga diwilayah Lombok tengah. Setiap pihak manapun yang memintanya untuk datang kelokasi kegaiatan yang digelarnya, pihaknya akan selalu siap.”Inilah program pemerintah yang dijalankan melalui dinas dikpora dan kami UPT perpustakaan siap melaksanakanya sekaligus menysukseskanya,”Tukasnya. (Ding)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.