Polisi Gandeng FKD Jaga Kamtibmas Selama Ramadhan

Polisi Gandeng FKD Jaga Kamtibmas Selama Ramadhan

LOMBOK TENGAH, MP – Untuk menjaga dan mencitakan situasi Kemanan dan Ketertiban Masyarakat yang aman dan kondusif, khususnya selama Bulan Suci Ramadhan Tahun 2016 ini, jajaran Kepolisian Polsek Jonggat Lombok Tengah (Loteng) meningkatkan kegiatan Patroli dan menempatkan Anggotanya di diwilayah yang dianggap rawan terjadinya gangguan Kamtibmas.

Untuk mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman, nyaman dan kondusif selama Bulan Suci Ramadhan, jajaran Kepolisian Polsek Jonggat tidak berkerja sendiri, melainkan bekerjasama dengan Anggota Forum Kepala Desa (FKD) Kecamatan Jonggat.” Pengamanan selama Bulan Puasa kita pertebal, dengan melibatkan Anggota TNI Koramil Jonggat, dan Anggota Sat Pol PP Kecamatan Jonggat. Selain itu kami juga membangun kerjasama dan komunikasi dengan Anggota FKD Kecamatan Jonggat, untuk bersama – sama menjaga dan menciptakan Kamtibmas yang kondusif,” terang Kapolsek Jonggat Iptu. Komang Ronaka.

Bentuk kerjasama dengan Anggota FKD , kata Iptu. Komang, melaksanakan Patroli wilayah secara bersama – sama, dan menjaga wilayah Desa masing – masing, sehinga jika terjadi gangguan Kamtibmas bisa diatasi dan diselesaikan secara bersama – sama, dengan mengedepankan penyelesaian masalah melalui musyawarah dan mufakat.” Setiap malam, Kades ikut Patroli secara bergiliran, sesuai dengan jadwal yang telah mereka (Kades) sefakati. Bagi Kades yang tidak ikut Patroli, bertugas menjaga wilayah Desanya masing – masing, sehingga kalau terjadi Gangguan Kamtibmas,Kades bisa langsung menghubungi kami. Dengan demikian persoalan gangguan kamtibmas itu bisa cepat diselesaikan, dan kalau ada permasalahan diluar Kamtibmas diselesaikan secara musyawarah dan Mufakat, supaya tidak  saling lapor melapor,” katanya.

Hasil dari kegiatan Patroli bersama itu lanjut Iptu. Komang, sejumlah aksi kriminalitas, seperti tindak pidana pencurian ternak, penjualan Minuman Keras (Miras) dan Petasan, berhasil dicegah dan diatasi.

Tidak itu saja, dengan menggelar Patroli bersama selama Bulan Suci Ramadhan, masyarakat bisa melaksanakan Ibadah Puasa dengan husyuk, tanpa merasa kawatir, was – was dan terganggu.” Seminggu sebelum Puasa, kami melaksanakan Razia Petasan dan Miras bersama Kades, Anggota BKD, TNI, dan Pol PP. Pedagang Miras dan Petasan, kami himbau untuk tidak berjualan Petasan dan Miras. Dengan Patroli bersama ini,masyarakat bisa melaksanakan Ibadah Sholat Tarawih dengan husyuk, tanpa merasa kawatir dan was-was. Dan dengan Patroli bersama ini, sejumlah upaya tindak pidana pencurian ternak berhasil di cegah,” ujar Iptu. Komang Ronaka. |rul.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.