Bupati Tegaskan Sektor Pariwisata Jadi Andalan Loteng

Bupati Tegaskan Sektor Pariwisata Jadi Andalan Loteng
H. Moh. Suhaili FT

LOMBOK TENGAH, MP – Bumi Tatas Tuhu Trasna memiliki tiga sektor andalan pembangunan, yakni sektor Pertanian, Pariwisata dan Perikanan/Kelautan. Dari ketiga sektor andalan pembangunan itu, sektor Pariwisata yang dianggap memiliki potensi paling besar untuk mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lombok Tengah (Loteng).

Untuk itulah pada Tahun 2016 ini atau di periode kedua kepemimpinan Bupati Loteng HM. Suhaili FT, SH bersama Wakil Bupati Loteng Lalu Pathul Bahri, S.IP menjadkan Sektor Pariwisata sebagai fokus pembagunan.” Loteng memiliki tiga Potensi besar yakni Pertanian, Pariwisata dan Kelautan. Dan Potensi Pariwisata yang paling berpotensi besar untuk mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Loteng. Untuk itulah Tahun ini sektor Pariwista menjadi Fokus pembangunan Loteng,” tegas HM. Suhaili FT, SH di acara Safari Ramadhan 2016 di Kecamatan Praya Tengah Loteng, Jum’at (10/06/2016).

Untuk itu Bupati Loteng dua periode itu menyerukan dan meminta kepada seluruh lapisan serta elemen masyarakat Loteng untuk bersama – sama menjaga dan menciptakan Situasi Kamtibmas yang aman, nyaman dan kondusif, mulai dari lingkungan masing – masing, terlebih khusus diseluruh dikawasan Pariwisata Loteng. Kamtibmas itu paling nomor satu di Sapta Pesona. Tanpa keamanan semua pembangunan akan gigit jari. Untuk itulah kita Fokus bagaimana menjaga dan menciptakan Kamtibmas yang kondusif. Terlebih lagi kawasan Pantai Mandalaika telah ditetapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK),” ucap HM. Suhaili FT.

Untuk terlaksananya fokus pembangunan di sektor Pariwisata itu kata, HM. Suhaili, gerak langkah masyarakat Loteng  harus selaras dan seirama, sehingga ketiga potensi besar yang dimiliki Loteng bisa sejalan dan saling menguntungkan. Seperti Pariwisata dengan Pertanian, dan Pariwisata dengan Kelautan.” Gerak langkah masyarakat Loteng harus selaras, Bagaimana Pertanian dengan pariwisata, dan kelautan dengan Pariwisata bisa sejalan. Contohnya, hasil pertanian dan hasil tangkapan nelayan  bisa dijual ke pelaku pariwisata seperti Hotel dan restauran. Hasil pertanian bisa dibuat jajan khas Loteng, dikemas yang bagus dan dijual ke wisatawan. Jadi kita jangan kalah dengan daerah lain, terlebih lagi, ada stetmen dari Menteri Pariwisata,pariwisata di Bali akan bergeser ke Lombok, dan ada 4 kawasan Pariwisata di Indonesia, ketiganya ada di Loteng,” ungkapnya.

Suhaili FT, meminta kepada seluruh Kepala SKPD Lingkup Pemkab. Loteng untuk menyusun program termasuk penganggaran pelaksanaan program tersebut yang menyentuh langsung ke masyarakat. HM. Suhaili FT mengancam, tidak akan menyetujui anggaran yang diajukan SKPD pada APBDP Tahun 2016 jika tidak sesuai dengan fokus pembangunan dan tidak menyentuh langsung ke masyarakat.”Untuk di APBDP 2016 dan APBD Tahun 2017. Kalau ada SKPD  yang menyusun anggaran dan proggram yang tidak jelas akan saya coret, termasuk orangnya (kepala SKPD) akan saya coret,” ancamnya. |rul (Kerjasama Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Lombok Tengah dengan matapena.co.id)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.