Hasil Pantauan Komisi IV DPRD Loteng, UNBK Berjalan Baik

Hasil Pantauan Komisi IV DPRD Loteng, UNBK Berjalan Baik

LOMBOK TENGAH,MP

Walau sempat ada insiden, namun pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Lombok Tengah dinilai berjalan dengan lancar.

Ketua Komisi IV DPRD Lombok Tengah, Muhibban, Rabu (6/5) 2016 mengungkapkan, dari hasil kunjungan kerjanya kesejumlah sekolah yang melaksanakan UNBK bersaama-sama dengan sejumlah anggota komisi IV lainnya, pelaksanaan UNBK tersebut berlangsung dengan baik.”Secara umum pelaksanaan UNBK itu berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan yang berarti,”katanya.

Adapun ganguan yang sempat membuat puluhan siswa peserta ujian panik tutur Muhibban, terjadi di SMKN 2 Praya. Di 2 ruang kelas UNBK disekolah tersebut, sempat terjadi kesalahan tekhnis sehingga selama 25 menit UNBK tidak bisa dimulai padahal walau waktu sudah tiba.”Itu karena password untuk membuka gerbang soal tidak bisa diterima oleh perangkat,”katanya.

Namun persolaan tersebut bisa diatasi dan UNBK bisa dimulai oleh 60 orang siswa. Atas peristiwa tersebut, pihak panitia kemudian memberikan tambahan waktu 30 menit bagi peserta dikedua ruangan tersebut untuk mengerjakan soal UN-nya.”Siswa sempat panik karena mengira tidak akan diberikan tambahan waktu,”imbuhynya.

Kepala SMKN 2 Praya, Akhirman Bakri,Spd.Mpd membenarkan kejadian tersebut. Ia menjelaskan peristiwa tersebut tidak pernah diprediksikan sebelumnya, karena pihak sekolah sebelumnya sudah melakukan simulasi.”Untuk memastikan semua berjalan dengan baik, kami sudah melakukan tiga kali simulasi dan semua lancar,”ungkapnya.

Selain itu lanjut Akhirman, pihak sekolah juga kerap kali melakukan ujian dengan menggunkan computer tersebut dan selama ini tidak pernah mengalami hal tersebut. Setelah dicari tahu, hal itu terjadi karena keslahan dari pusat server.”Ini memang kesalahan dari pusat dan setelah dilakukan perbaikan, semua bisa diatasi dan akibat kerlambatan itu siswa diberikan tambahan waktu UNBK,”jelasnya.|*

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.